Human Character & Behaviour I

Nilai–nilai hidup adalah keseluruhan dari tampilan diri, sikap, kata, perbuatan manusia berdasarkan situasi dan kondisinya yang biasanya dipengaruhi oleh masukan–masukan atau pengaruh dari luar dirinya sejak kecil .

Nilai-nilai hidup tersebut antara lain

Agama

Ajaran yang bersifat mutlak yang tertanam dalam diri seseorang yang menjadi suatu kepercayaan dan menjadi prinsip hidupnya

Norma

Kebiasaan yang berlaku dalam suatu komunitas atau wilayah tertentu sesuai dengan kebudayaan dan adat istiadat masing-masing wilayah.

Pendidikan Formal  & informal

Pendidikan yang didapat dari bangku sekolah maupun dari keluarga dan lingkungan sekitar

Interaksi sosial

Hubungan antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok dari proses ini memungkinkan seseorang bersosialisasi dalam suatu interaksi

Pengalaman dan alasan

Apabila nilai – nilai kehidupan ini diremehkan dan tidak diterapkan dalam kehidupan maka yang akan terjadi adalah peperangan, penindasan, perbuatan jahat, teror, kecelakaan, korupsi, rasialis dan hubungan tidak baik antar sesama manusia.

 Cara memelihara nilai–nilai hidup

Dengan cara saling menghormati antar umat manusia satu sama lain, menjunjung tinggi nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, saling toleransi antar umat beragama, dan menciptakan rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa indonesia ditengah perbedaan dan keanekaragaman.

Contoh nilai-nilai hidup :

Kasih

Kasih orang tua kepada anaknya yang tak pernah lekang oleh waktu, yang rela berbuat dan mengorbankan segala sesuatu demi anaknya

Damai

Seorang anak yang merasakan kedamaian hati atas kasih yang dia dapat dari kedua orangtuanya dan  anak ini merasakan ketenangan jiwa dan kedamaian dari kedua orangtuanya.

Suka cita

Seorang anak yang dengan suka citanya melaksanakan semua perintah orang tuanya tanpa adanya paksaan / tekanan, jadi anak melakukannya dengan perasaan sukacita sebagai perwujudan rasa kasih dan damai yang ia dapat dari orangtuanya.

Rendah hati

Orang kaya yang tidak pernah sombong atas harta yang telah dimiliki sekarang dan juga ia mau bergaul dengan orang lain meskipun orang itu berasal dari orang miskin.

Empati

Seseorang yang merasa kasihan melihat temannya yang terkena musibah dan dia menolongnya dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun, karna dia merasa prihatin atas kejadian yang dialami temannya.

Kesabaran

Orang yang sabar meskipun ia dihina / dicaci maki oleh temannya dan dia tidak pernah marah atau merasa ingin membalas temannya karna dalam hatinya memiliki rasa memaafkan.

Toleransi

Orang yang menghargai umat beragama lain yang sedang beribadah dengan cara tidak membuat keributan, tidak menyalakan lagu kencang – kencang ketika agama lain sedang beribadah.

Kesetiaan

Seorang istri yang setia pada suaminya dan tidak pernah selingkuh walaupun banyak godaan yang sedang menghampiri.

Adil

Seorang guru / dosen yang memberikan nilai kepada semua siswanya dengan adil sesuai dengan kemampuan siswanya tersebut tanpa pandang bulu dan pilih kasih dan ia tidak mau menerima sogokan.

Egaliter

Seseorang yang mau bergaul dengan siapa saja, agama apa saja, ras apa saja tanpa membedakan satu sama lain. Orang ini beranggapan, perbedaan adalah satu kesatuan.

Leave a comment